SELAMAT DATANG DI WEBSITE KELURAHAN PASAR LAMA BANJARMASIN

Pages

Artikel



Pemuda Muslim : Pelopor Perubahan Hakiki Indonesia dan Dunia*

“Tantangan dan keadaan generasi masa depan umat Islam saat ini merupakan salah satu masalah yang paling penting bagi umat  dan masa depan Dien”

Sekularisasi kurikulum pendidikan dan lingkungan sekolah di dunia Muslim; regulasi madrasah; dan promosi besar-besaran industri periklanan, media dan hiburan berkiblat ke Barat di negeri-negeri Muslim yang mengagung-agungkan budaya dan gaya hidup liberal sekaligus mengikis nilai-nilai Islam. Bahkan secara khusus, keyakinan-keyakinan Islam tertentu sedang ditampilkan secara buruk di mata anak-anak muda Muslim oleh pemerintah dan lembaga-lembaga sekuler dalam upaya untuk menggoyahkan kepercayaan diri atas dien mereka. Pada saat yang sama juga memaksa mereka untuk menerima Islam  moderat yang sesungguhnya malah sejalan dengan garis sekulerisme, atau memaksa mereka untuk meninggalkan cita-cita dan praktik keislaman tertentu dengan cara mengaitkan mereka dengan ekstremisme, radikalisme, dan terorisme. Cita-cita ini termasuk tentang keyakinan bahwa Islam sebagai agama spiritual sekaligus politik; hukum-hukum Islam yang berkaitan dengan perempuan; konsep persatuan umat global; dan penolakan terhadap demokrasi, sekularisme, dan nilai-nilai liberal; serta dukungan terhadap konsep Jihad dalam Islam; implementasi Syariah; dan penegakkan kembali negara berdasarkan metode kenabian. Banyak kaum muda kita menjadi tersesat dan tidak dapat menentukan identitas mereka, serta menjauhkan dari dien mereka.
Krisis identitas dan krisis iman akhirnya ditumbuhkembangkan di antara banyak anak muda Muslim, menjadikan mereka terpikat dengan gaya hidup dan sistem liberal Barat sehingga membentuk pikiran, kecenderungan, aspirasi dan kesetiaan mereka di atasnya dan semua itu harus diselesaikan dari hal yang paling mendasar, yakni bagaimana membangun identitas yang kuat dalam diri pemuda Muslim. Perlu dilakukan upaya dakwah digital yang intensif pada kalangan kaum muda untuk membangun identitas keIslaman mereka agar mencurahkan perhatian terbesarnya hanya kepada Islam dan umat Islam. Arahkan pemuda Muslim agar fokus pada konsumsi informasi yang penting serta tsaqofah Islam.  Berikutnya adalah ilmu yang bermanfaat, serta fakta problematika umat Islam. Dakwah digital ini juga harus bertarget membina pola pikir dan pola sikap generasi muda Muslim dengan Islam sehingga terbentuklah kepribadian Muslim yang kuat dan khas.
Politik media dalam Islam akan sejalan dengan dakwah Islam, kemajuan teknologi akan dimanfaatkan untuk sebesar-besarnya tujuan dakwah. Inilah ciri khas ideologi Islam yang tidak akan membiarkan kekuatan ekonomi korporasi memanfaatkan teknologi demi semata mengeksploitasi pasar namun mengabaikan terwujudnya masyarakat yang sehat serta generasi muda yang berkepribadian kuat dan berintegritas. Politik media dalam Islam akan mengadopsi strategi informasi yang spesifik untuk memaparkan Islam dengan pemaparan yang kuat dan membekas agar mampu menggerakkan akal manusia untuk mengarahkan pandangannya pada Islam serta mempelajari dan memikirkan muatan-muatan Islam. Strategi ini akan membangun kesadaran politik yang kuat pada pemuda Muslim sehingga mampu memahami percaturan politik yang sebenarnya tengah  terjadi. Wallahu’alam.

Disarikan dari berbagai sumber*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar